Bintang Batak, Ajang pencarian Bakat Tarik Suara Orang Batak

Yayasan Cinta Budaya Pasogit (YCBB) meluncurkan program baru bertajuk  “Bintang Batak” guna mencari figur idola kaum pria dan wanita muda berprestasi dari kalangan masyarakat Sumatera Utara.

Ketua Umum YCBB, Maruasas Panjaitan mengatakan ajang  “Bintang Batak” juga  untuk memberi semangat baru kepada kaum muda sekaligus menjaga dan melestarikan budaya suku  Batak.
“Komunitas Batak kaya dengan budaya dan prestasi. Kami ingin melestarikannya, antara lain dengan ajang Bintang Batak,” ucap Maruasas di Jakarta, Minggu.
Ia menyebutkan,  yayasan ini bercita-cita menjadi satu wadah bagi para pemerhati dan budayawan Batak merancang strategi baru bagi pelestarian budaya Batak. Maruasas beserta sejumlah tokoh Batak mengaku didukung pula oleh para artis senior Batak seperti Victor Hutabarat, Rita Butar-Butar, Joe Harlen Simanjuntak, Choky Sitohang serta deretan musisi dan komposer Batak lainnya.

Maruasas jga mengajak kaum muda banyak berperan di yayasan tersebut. Dia tak  memungkiri bahwa kaum muda merupakan andalan utama agar eksistensi budaya bangsa, terutama Batak tetap terjaga. “Maka perlu ada satu yayasan yang memiliki ragam agenda untuk memancing minat mereka turut menyukai budaya bangsa sendiri. Bukan melulu pada budaya Barat dan lainnya,” ujar Maruasas.
Sebelumnya, YCBB juga sukses menyelenggarakan ajang Lomba Cipta Lagu Batak pada akhir Oktober 2012 lalu. Lebih dari seratus lagu Batak diterima panitia penyelenggara untuk  dipasarkan dalam bentuk CD. Kontes tersebut dimenangkan William Satar Naibaho yang membawa pulang hadiah sebesar Rp100 juta.

Selain menggelar “Bintang Batak,” YSBB juga mempersiapkan konser khusus musik Batak, mendirikan badan usaha dan kerja bakti di bonapasogit (kampung halaman).
Maruasas menjelaskan pihaknya akan terjun ke berbagai kota besar di Indonesia untuk menghimpun penyanyi-penyanyi Batak baru dan muda melalui audisi yang akan digelar setelah peluncuran. Audisi akan melibatkan para penyanyi dan komposer Batak yang sudah berpengalaman dalam rekaman album Batak.
“Kami bidik putra-putri Batak dari usia 15-25 tahun untuk berpartisipasi dalam Bintang Batak,” jelas Maruasas menyebut salah satu syarat peserta audisi

http://www.poskotanews.com/2013/04/07/bintang-batak-incar-kaum-muda-kreatif-berbakat/

0 comments:

Post a Comment

 

Chord Lirik Lagu Batak © 2012 | Media partner MEDIA PARTNER

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale, Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair